Saturday, July 22, 2017

RUMAH ADAT SUMATARA UTARA , PAKAIAN ADAT , LAGU LENGKAP MAKNANYA , serta nama tarian dan maknanya.

RUMAH BOLON RUMAH ADAT SUMATARA UTARA 

Rumah Bolon atau yang sering disebut Rumah Gargo merupakan rumah adat dari suku Batak yang ada di Indonesia. Rumah ini berasal dari daerah Sumatera Utara dan menjadi simbol dari identitas masyarakat Batak yang tinggal disana.Rumah Bolon artinya rumah besar, rumah adat Sumatera Utara ini memang berukuran besar. Rumah Bolon dirancang oleh arsetek kuno Simalungun.
Cirikhas:
-          Rumah Panggung, Bagian Kolong untuk tempat hewan peliharaan
-          Karena berbentuk rumah panggung, maka memiliki tangga yang jumlah anak tangganya selalu ganjil.
-          Pintu masuk rumah rendah "sibaba ni aporit" filosofinya adalah menghormati si pemilik rumah
-          Pada bagian depan rumah Bolon, tepatnya di atas pintu terdapat gorga, sebuah lukisan berwarna merah, hitam, dan putih. Biasanya terdapat lukisan hewan seperti cicak, ular ataupun kerbau.
Rumah ini memiliki beberapa jenis yaitu Rumah Bolon Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak, dan Angkola. Setiap rumah mempunyai ciri khas masing-masing. Rumah ini memiliki bentuk berupa bangunan empat persegi panjang yang dihiasi ukiran khas Batak seperti ornamen yang mengandung unsur mistis penolak bala yang disebut Gorga. Biasanya ukiran ini ditempatkan di dinding rumah bagian luar, lebih tepatnya di atas pintu berupa lukisan berwarna merah, hitam, dan putih.
Lukisan tersebut biasanya berupa hewan seperti cicak, ular ataupun juga kerbau.
-           Gorga yang dilukis dengan hewan cicak, memiliki arti bahwa orang Batak mampu bertahan hidup dimanapun ia berada, walaupun sedang merantau ke daerah yang sangat jauh.
-           untuk Gorga yang dilukis dengan gambar kerbau, memiliki makna sebagai ucapan terima kasih atas bantuan kerbau yang telah membantu kaum manusia dalam pekerjaan ladang pertanian
Keindahan lain terletak pada pelindung rumah yang memiliki dua ujung berbentuk lancip di bagian depan dan juga di bagian belakang atap rumah.
  
PAKAIAN ADAT SUMATRA UTARA

Pakaian adat adalah simbol sandang pada suatu daerah yang memiliki identitas dan diciri khas kan sebagai simbol budaya yang relevan dan Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Provinsi yang berbatasan dengan Nangroe Aceh Darussalam ini dikenal sebagai provinsi yang memiliki penduduk dari suku yang beraneka ragam. Salah satu suku yang paling dominan dari provinsi Sumatera Utara adalah Suku Batak, adapun suku lain , seperti Melayu, Nias, hingga suku Minangkabau.dan dari suku-suku tersebut mempunyai pakaian adat msing-masing seperti gambar di bawah ini .

1. Pakaian Batak Simalungun

2. Pakaian Batak Toba

3. Pakaian Batak Karo

4. Pakaian Batak Pakpak

5. Pakaian Adat Batak Angkola

6. Pakaian Adat Batak Mandailing


7. Pakaian Adat Batak Samosir

8. Pakaian Adat Batak Sibolga


9. Pakaian Adat Batak Sibolga


10. Pakaian Adat Melayu


LAGU DARI DAERAH  SUMATRA UTARA
Lirik lagu , Anju Ahu

Anju Ahu

Anju ahu... sai anju ahu...

Ale anggi ...
Dina muruk manang marsak
Rohangki ...

Nang so hupa boa
Arsak nadi roham
Holongni rohangku ...
Sai hot doi ...

Anju ahu... sai anju ahu...
Ale anggi ...
Engkelmi ... mambahen
Pa sonang...
rohangki ...


makna LAGU  ; ANJA AHU menceritakan sepasang kekasih yang sedang landa masalah.
Dan  laki laki sedang memiliki masalah, akan tetapi dia berharap sang kekasih  mengerti apa yang sedang alaminya, serta berharap perempuan itu menghibur dirinya agar bisa sedikit menenangkan dirinya yang sedang dalam masalah .( BERHARAP SALING PENGERTIAN DAN SALING MENUTUPI KEKURANGAN ATAU SALING MEMBERI SOLUSI DALAM HUBUNGAN SALING KASIH DAN SAYANG DALAM PPERCINTAAN , definisiku )

TARIAN :

Tari Endeng Endeng

Tari Endeng-Endeng ini menggambarkan semangat dan ekspresi gembira masyarakat sehari- hari, serta ungkapan kegembiraan Naposo Nauli Bulung (muda - mudi) saat bertanam dan panen raya.

Tari Tor-Tor Naposo Nauli Bulung

Tari Tor-Tor Naposo Nauli Bulung adalah merupakan jenis tarian tor-tor Sumatera Utara yang khusus ditarikan oleh pemuda-pemuda dan pemudi-pemudi secara berpasangan. Penampilan tari tor-tor naposo nauli bulung biasanya terdiri dari 3 penari wanita dan 3 penari pria.
                                                                                                                       Arum suci blogg


Ditulis Oleh : beted si boy // July 22, 2017
Kategori:

0 komentar: