Thursday, July 20, 2017

lagu daerah Maluku, rumah adat , pakaian adat lengkap serta penjelasannya

RUMAH ADAT MALUKU
Rumah adat Maluku adalah Rumah Baileo yang merupakan salah satu rumah adat dari 34 provinsi di Indonesia. Maluku di dunia internasional kerap disebut sebagai Moluccas dan Molukken merupakan provinsi tertua di Indonesia. Maluku beribukota Ambon yang terletak di bagian selatan dari Pulau Ambon di jazirah Leitimur. Maluku berbentuk kepulauan yang memiliki 632 pulau dan berada di wilayah Indonesia Bagian Timur.
Rumah Baileo artinya dalam bahasa indonesia adalah balai. nama balai atau Baileo ini disesuaikan karena rumah adat Baileo ini dibangun dan digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat pertemuan dan bermusyawarah dengan dewan adat penduduk setempat Selain itu rumah adat Baileo ini juga digunakan untuk menggelar acara adat dan sebagai tempat penyimpanan benda antik dan keramat seperti benda pusaka dan senjata peninggalan leluhur.bukan rumah tempat hunian penduduk
                                                                                              PAKAIAN ADAT                           

Pakaian adat Maluku yang dikenal dengan nama baju cele atau kain salele adalah pakaian adat dengan nilai estetis dan filosofis tinggi. Meski sederhana dan secara penggunaan tidak serumit pakaian adat dari provinsi lain di Indonesia, pakaian adat Maluku ini dianggap mewakili karakteristik adat suku-suku di Kepulauan Maluku yang khas.

BERIKUT LIRIK DARI LAGU AMBON MANISE DARI DAERAH MALUKU
 Lirik lagu ,Ambon Manise
Beta Berlayar Jauh
Jauh dari Ambon EE
Ditanah orang baru
Beta menyasale

Mengapa Beta mau
Beta menyasale

Mengapa Beta mau
Buang diri begini
Jauh dari pangku Mama
Sungguh asing lawang ee 

Sioh apa tempo Beta pulang
Ke Ambon Ee
Laut yang lebar
Gunung tapele

Mari Mama gendong Beta
Lah bawa pulang dolo ee
Ketanah yang kucinta
Ambon Manise....
LAGU AMBON MANISE  Memiliki Makna tentang bagaimana bentuk dari keadaan Ambon yang indah serta damai dan memiliki masyarakat yang baik dan tentram .
Menurut definisi saya : karena keadaan dan keindahan dari Ambon kita sebagai bangsa Indonesia di wajibkan untuk mengenal suku-suku dan kebudayaan gegitu pula lagu – lagu daerah meskipun lagu-lagu daerah memiliki makna dan arti tidak sama dari lagu-lagu daerah lain di indonesia  , seperti lagu ini meceritakan keindahan serta kedamaian suku ambon . sehingga ter ciptalah lagu ini agar lebih cepat tersebar luas tentang ambon . 
                                                                                                                                                                      Arumsuci blogg

Ditulis Oleh : beted si boy // July 20, 2017
Kategori:

0 komentar: