Friday, July 21, 2017

lagu daerah Nusa tenggara timur , Rumah Adat , Baju Adat Lengkap beserta penjelasannya

Rumah adat nusa tenggara timur  Musalaki
-       Bentuk atap berjoglo yang merupakan rumah adat suku bangsa Sumba
-       Bentuk atap atap kerucut bulat, merupakan rumah adat suku bangsa Timor
-       Bentuk atap seperti perahu terbalik, merupakan rumah adat suku bangsa Rote.
 Rumah adat Ammu kelaga merupakan bentuk rumah Suku asli yang mempunyai lantai panggung difungsikan sebagai balai-balai dan disebut sebagai ‘kelaga’. Bangunan ini mempunyai bentuk 4 persegi panjang dengan atap lancip mirip perahu terbalik. Tiangnya berbentuk bulat terbuat dari kayu pohon lontar, enau, kayu hitam atau kayu besi. Lantai panggungnya bertingkat 3 , yakni kelaga rai, atau panggung tanah, kelaga rae atau panggung besar, kelega dammu atau panggung loteng yang mencerminkan kepercayaan orang Sabu adanya tingkatan dunia, yakni dunia bawah atau dunia arwah, dunia tengah atau dunia manusia dan dunia atas atau dunia para dewa dan  Nama Musalaki sebetulnya berasal dari kata dalam bahasa Ende Lio yaitu Mosa dan Laki, Mosa berarti ketua atau kepala sementara Laki berarti Adat atau suku. Oleh karenanya sesuai nama tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rumah adat ini memang hanya difungsikan sebagai tempat tinggal kepala suku atau ketua adat Ende. rumah adat ini juga kerap digunakan sebagai tempat digelarnya upacara ritual adat, sebagai tempat bermusyawarah untuk memutuskan suatu keputusan, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan adat atau keagamaan.

Struktur rumah Musalaki sendiri terbagi 4 bagian utama, yaitu Kuwu Lewa (Pondasi), Maga (Lantai), dan Atap.
-       Kuwu Lewa (pondasi) Kuwu Lewa atau pondasi rumah adat Musalaki terbuat dari batu lonjong yang dipasang vertikal (berdiri). pondasi batu hanya dipasang sebagai pencegah rubuhnya rumah bila suatu saat terjadi gempa. Pondasi kayu sendiri selain berfungsi sebagai tempat bertumpunya lantai juga berfungsi sebagai penyokong rangka atap rumah.
-       Maga (lantai) Karena merupakan rumah dengan struktur panggung, rumah adat Musalaki memiliki lantai gantung yang terbuat dari susunan papan-papan panjang. Papan pada lantai rumah disusun agak jarang untuk menjaga kelembaban dalam rumah. Tingginya lantai tersebut berkisar antara 60 sd 100 meter dari permukaan tanah. Ada lantai teras (tenda teo) yang berada di bagian luar dan lantai koja ndawa (ruang dalam). Lantai tenda teo umumnya lebih tinggi dibandingkan lantai koja ndawa.
-       bagian unik dari rumah adat Nusa Tenggara Timur terletak pada struktur atapnya. Atap rumah yang dibuat dari susunan jerami ini bertumpu pada rangka atap yang terdiri dari saka ubu (bubungan), kayu palang, jara (kuda-kuda), dan leka reja. Rangka tersebut membentuk struktur atap yang kemudian terlihat cukup unik dengan bentuk menjulang tinggi ke atas.

Baju adat Nusa tenggara timur
Dari unsur demografinya, Provinsi NTT dihuni sedikitnya oleh 7 suku besar yaitu suku Rote, suku Sabu, suku Helong, suku Atoni atau Dawan, suku Manggarai, suku Sumba, dan suku Lio. Suku-suku ini memiliki pakaian adatnya masing-masing . adapun baju adat NTT seperti di bawah ini 8 baju adat dari ke 7 suku yang ada di NTT .

Baju Adat Perempuan Suku Rote


Kaum  wanita pada suku Rote biasanya mengenakan baju kebaya pendek dan bagian bawahnya mengenakan kain tenun sebagai pakaian tradisionalnya. Sehelai selendang menempel pada bahunya. Hiasan tersebut disebut bulak molik. Bulan molik artinya bulan baru. Hiasan ini terbuat biasanya terbuat dari emas, perak, kuningan, atau perunggu yang ditempa dan dipipihkan, kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai bulan sabit.Aksesoris lainnya adalah gelang, anting, kalung susun (habas), dan pending. Kalung susun atau habas terbuat dari emas atau perak yang merupakan warisan turun-temurun dari sebuah keluarga suku Rote.

Baju Adat Laki-Laki Suku Rote
Sehelai selendang menempel pada bahunya. Hiasan tersebut disebut bulak molik. Bulan molik artinya bulan baru. Hiasan ini terbuat biasanya terbuat dari emas, perak, kuningan, atau perunggu yang ditempa dan dipipihkan, kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai bulan sabit.Aksesoris lainnya adalah gelang, anting, kalung susun (habas), dan pending. Kalung susun atau habas terbuat dari emas atau perak yang merupakan warisan turun-temurun dari sebuah keluarga suku Rote.

Baju Adat Suku Sabu Nusa

2. Baju Adat Suku Sabu Nusa 
Tenun ikat mereka yang terkenal adalah Si Hawu (sarung sabu) dan Higi Huri (selimut). Mereka melakukan semua proses seperti umumnya di Nusa Tengggara Timur. Benang direntangkan pada langa (kayu perentang khusus) supaya mudah mengikatnya sesuai motif. 

.Pakaian Adat Suku Helong

3 .Pakaian Adat Suku Helong

Suku ini memiliki pakaian adat NTT khas yang bernama pakaian adat Helong. Untuk pria pakaian adat ini berupa selimut besar yang diikat di pinggang sebagai bawahan, baju bodo (kemeja), destar sebagai pengikat kepala, dan habas atau perhiasan leher. Sementara untuk perempuannya, mereka menggunakan kebaya -kadang berupa kemben saja, sarung yang diikat dengan ikat pinggang emas (pending), perhiasan kepala bula molik (bulan sabit), giwang (karabu), dan hiasan leher yang juga berbentuk bulan .


 Baju Adat Suku Dawan laki - laki

4 . Baju Adat Suku Dawan
ara untuk perempuannya, mereka menggunakan kebaya -kadang berupa kemben saja, sarung yang diikat dengan ikat pinggang emas (pending), perhiasan kepala bula molik (bulan sabit), giwang (karabu), dan hiasan leher yang juga berbentuk bulan .


 Pakaian adat Wanita Suku Dawan 


Lirik lagu Anak kambing saya sebagi berikut di bawah ini .
Anak kambing saya
mana dimana anak kambing saya
anak kambing tuan ada di pohon waru
mana dimana jantung hati saya
jantung hati tuan ada di kampung baru
caca marica he hei
caca marica he hei
caca marica ada di kampung baru
caca marica he he
caca marica he hey
caca marica ada di kampung baru

                  LAGU ANAK KAMBING SAYA diartikan sebagi lagu yang girang. Lagu ini bermakna dimana orang tua mencari anak kesayanganya. Menggambarkan tentang kebersamaan dan persahaban seorang anak. Sebenarnya lagu ini juga sering di putar di tempat tempat-tempat hibuaran dan permainan.

                   Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang,  
LAGU DARI DAERAH  NUSA TENGGARA TIMUR                                                                                   Arum suci blogg

Ditulis Oleh : beted si boy // July 21, 2017
Kategori:

0 komentar: