Thursday, July 20, 2017

Lagu daerah Sumatera , Rumah Adat , Baju Adat Lengkap beserta penjelasannya Edit | Lihat | Berbagi | Hapus

RUMAH GADANG SUMATYERA BARAT 
 MAKNA DARI Rumah Gadang  adalah sebutan untuk rumah tradisional Minangkabau. Rumah ini terbilang unik karena bentuknya yang tampak menyerupai sebuah kapal dengan meruncing di kedua sisi kiri dan kanannya. Masih banyak keunikan yang lainnya. Semua aspek dibuat dengan baik dan memiliki makna dan filosofi tersendiri. Bagian atap biasanya terbuat dari ijuk yang dijalin, kemudian ujungnya meruncing membentuk gonjong. Rumah Gadang dengan bentuk segi empat memanjang ini hampir semua bahagianya terbuat dari kayu dan hasil alam lainnya. Dinding, lantai, tangga, loteng dll. Rumah Gadang dipercaya tahan gempa.

PAKAIAN ADAT SUMATERA

 

Gaun  Wanita mempunyai makna sebagai berikut :
Gaun disebut, dan kurung “baju adat Sumatera Barat” perempuan. Gaun ini memiliki makna simbolis, yaitu:Bagian atas, disebut tingkolok atau aikik tingkolok horny. Tabir yang berbentuk seperti Tanduk biromay emas. Tingkolok biasanya digunakan perempuan yang belajar kandwang jangka Bundu. Arti dari tingkolok abad ini kepemilikan gudang rumah, yang berarti bahwa pemilik gudang Bundu kandwang House. Karena masyarakat memeluk ibu kelahiran minang (regangan ibu).
Bagian tengah, setiap pakaian dalam kurung dengan warna merah dan hitam dan biru, dengan dekorasi di Mansi di pinggiran kota. Dan bermakana adat ada batas-batas yang seharusnya tidak menjadi pelanggaran terhadap Bondo kandwang dan bangsa mereka. Selain itu, ada juga suatu kerekan yang jatuh dari bahu kanan ke rusuk kiri pada keras kepala. Disebut pane bawah, Web Clipboard berbordir emas melambangkan kebijaksanaan Kodak kandwang Bundu. Aksesoris, perhiasan, kalung, sembilan jenis bentuk, dan koleksi gelang dan cincin yang terbuat dari emas dan batu alam. Semua perhiasan bijaksana dan bermakna pemecahan masalah kandwang Bondo di wilayah tersebut.

GAUN Pakaian untuk pria juga mempunyai makna sebagai berikut:

Pada saat yang sama memiliki tindakan kustom untuk digunakan dalam bangsawan atau kebiasaan webrlis (pria) juga memiliki arti, yaitu:

Bagian atas disebut Layanan imigrasi dan Naturalisasi, atau destar berfungsi sebagai kerudung. In adalah kerut keriput yang melambangkan banyak hukum yang perlu diketahui bingholo, bersama dengan kekuasaan juga harus pengetahuan yang luas atau wawasan untuk dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Warna setelan, hitam melambangkan kepemimpinan terhormat dan handal. Surroi, suatu bentuk kekuatan kaki celana. Hal ini berarti masyarakat adat banyak sekali dan hidup bermartabat. Dikenakan, sisambing seperti Teluk besar pada kain kaos. Kain ini merah yang melambangkan berani untuk mencapai kebenaran. Chris ditempatkan di bagian depan tengah, cenderung ke posisi kiri dan tidak ke kanan untuk bingholo harus berpikir tentang sebelum menggunakan pistol dan marah cepat. Tongkat, menunjukkan kekuatan yang adalah senior dan dihormati.

Lirik lagu Anak Daro

Anak musang di ateh pulai
Anak tampuo di dalam baniah
Kain lah usang tidak bapakai oi
Awak lah tuo tidak babuni
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Anak daro …

Batang sicerek tumbuah di pasa
Puluik-puluik di Rimbo Panti
Saketek tantu lai manyasa
Kok tak di muluik di dalam hati
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Anak daro …

Baimpun todak di kubangan
Buruang barabah lari ka parahu
Sungguahpun tidak bakatokan
Allah jo Nabi lah nan ka tahu
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Anak daro …

Sungai Tanang ikannyo jinak
Manjumbuang kain ka subarang
Awak sanang badan takucak
Baruntuang balain jo nasib urang
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Pak Dukun batunang pulo, batunang jo anak daro
Anak daro …
Anak daro …
Anak daro …


MAKNA LAGU  ANAK DARO adalah Pengantin Perempuan. Bila akad nikah dilangsungkan dirumah calon mempelai wanita, bukan di mesjid, maka acara penyambutan kedatangan calon mempelai pria dengan rombongannya di halaman rumah calon pengantin wanita akan menjadi sebuah acara besar. Dalam pesta pernikahan adat Minangkabau, ada beberapa benda yang menjadi ciri khas. Mulai dari baju kurung,, suntiang , hingga hiasan cantik di atas kepala Anak Daro (pengantin wanita).dan suntiang dalam adat Minang sekaligus menjadi lambang beratnya tanggungjawab yang akan diemban seorang wanita setelah menikah.  

LAGU DAERAH   :   SUMATRA BARAT                                                                                        
                                                                                                                                                                  Arum suci blogg

Ditulis Oleh : beted si boy // July 20, 2017
Kategori:

0 komentar: