Monday, July 24, 2017

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

Gapura Candi Bentar
Rumah adat Bali identik dengan sebutan Gapura Candi Bentar. Gapura Candi Bentar terdiri dari dua bangunan candi yang memiliki bentuk identik dan diletakkan sejajar. biasanya merupakan pintu masuk utama suatu Pura atau tempat ibadah umat Hindu di Bali
gapura biasanya terdapat berbagai patung sebagai lambang dari adat budaya Bali. Bangunan ini juga memiliki julukan gerbang terbelah, karena bentuk bangunannya seolah menggambarkan satu bangunan candi yang dibelah menjadi dua. 
Ada beberapa ruangan yang memiliki fungsinya masing-masing.
PanginjengKarang. Ruangan ini merupakan tempat untuk memuja yang menjaga pekarangan.
BaleManten. Ruangan ini merupakan tempat untuk tidur kepala keluarga, anak gadis dan tempat menyimpan barang-barang berharga.
 Bale Gede atau Bale Adat. Ruangan ini merupakan tempat untuk upacara lingkaran hidup.
Bale Dauh. Ruangan ini merupakan tempat untuk bekerja, digelarnya pertemuan, dan tempat tidur anak laki-laki.
Paon. Ruangan ini merupakan dapur yang digunakan sebagai tempat memasak
 Lumbung. Ruangan ini merupakan tempat untuk penyimpanan makanan pokok, seperti padi dan hasil bumi lainnya.


Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
1. Tari pendet merupakan berdasarkan beberapa catatan yang ada, menyetujui bahwa tahun 1950 adalah tahun kelahiran tari Pendet. Tidak hanya saat menyambut tamu-tamu penting, dalam setiap pertunjukan tari-tarian Bali, tarian ini selalu dijadikan sebagian tarian pembuka.

Jenis tarian penyambutan ini dibawakan oleh sekelompok remaja putri yang masing-masing membawa mangkok perak yang berisi bunga warna-warni , tarian selamat datang ini yang paling tua di Pulau Bali. 
Pada awalnya, Tari Pendet dipakai sebagai pelengkap upacara piodalan di pura-pura atau tempat suci keluarga, sebagai lambang rasa syukur, hormat, dan sukacita saat menyambut kehadiran para dewata yang turun dari khayangan



Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
2. Tari Legong
Tari Legong merupakan tari Bali dengan gerak tari yang terikat oleh gamelan yang mengiringinya yakni Gamelan Semar Pagulingan. Tarian yang selalu dilengkapi dengan kipas sebagai alat bantu. pada mulanya dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19.


Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
3. Tari Rejan
Tarian ini wajib dilakukan oleh penari yang masih gadis atau perawan dimana ditarikan secara berkelompok. Dalam menyajikan tarian terdapat juga seorang pemangku adat dimana pemangku tersebut akan memberikan seutas benang yang wajib dipegang oleh para penari.
Selama memegang seutas benang tersebut penari wajib menari secara indah dan teratur. Dan Gamelan yang mengiringi tarian menggunakan Gamelan Semar Panggulingan memang dikhususkan  karena gamelan ini memang di sakralkan . Dan Tari ini memang menghormati tentang kesucian yang dimiliki oleh seorang wanita.
Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
4. Tari topeng
Tarian ini dinamakan Tari Topeng karena memang seni pertunjukkan tari ini menggunakan topeng yang wajib dikenakan oleh si penari. Tarian ini biasanya dilakukan oleh penari tunggal atau sekelompok penari laki-laki dalam upacara besar. Tari topeng ada dua jenis yakni Tari Topeng Pajegan dan tari Topeng Wali. Tari topeng pajegan merupakan tarian suci yang ditarikan saat ada upacara tertentu. Sedangkan, tari topeng wali merupakan tarian untuk menghibur dan biasanya bercerita tentang kisah-kisah lama Bali kerajaan tradisional. Keluwesan gerakan tarian juga wajib seirama dengan karakter topeng yang dikenakan, karena topeng yang dipakai memiliki karakter tersendiri. 

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
5. Tari Kecak
Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an dan merupakan tarian yang kebanyakan dimainkan oleh laki-laki. Tari Bali ini menggambarkan barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka sebagai pasukan kera. Karena kisahnya diambil dari cerita Ramayana maka ada penari lain yang memerankan Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa.
ng ditarikan saat ada upacara tertentu. Sedangkan, tari topeng wali merupakan tarian untuk menghibur dan biasanya bercerita tentang kisah-kisah lama Bali kerajaan tradisional. Keluwesan gerakan tarian juga wajib seirama dengan karakter topeng yang dikenakan, karena topeng yang dipakai memiliki karakter tersendiri. 

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

6. Tari Barong
Tari Barong merupakan tarian yang menggambarkan pertarungan antara kebajikan dan kebatilan. Wujud kebajikan diperankan oleh Barong (penari dengan kostum binatang berkaki empat), sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda (sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya).
g ditarikan saat ada upacara tertentu. Sedangkan, tari topeng wali merupakan tarian untuk menghibur dan biasanya bercerita tentang kisah-kisah lama Bali kerajaan tradisional. Keluwesan gerakan tarian juga wajib seirama dengan karakter topeng yang dikenakan, karena topeng yang dipakai memiliki karakter tersendiri. 

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

7. Tari Baris
Tari Baris merupakan tarian sakral sebagai pelengkap di suatu upacara keagamaan. Tari Baris merupakan tarian kepahlawanan untuk membuktikan kedewasaan seseorang dalam segi jasmani. dengan mempertunjukkan kemahiran dalam olah keprajuritan yang biasanya disertai dengan kemahiran dalam memainkan senjata perang

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
8. Tari Janger
Tarian ini merupakan tari yang menggambarkan pergaulan muda – mudi dalam tatanan tradisonal masyarakat Bali.Tari Janger ini dibawakan oleh 10 penari yang terdiri dari laki – laki dan perempuan dimana mereka akan menari bersama dalam indahnya ritme gamelan, dan sambil melakukan tarian mereka wajib menyanyikan lagu Janger secara bersahut – sahutan sehingga keseruan tarian akan muncul.
Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .
9. Tari Panyembrama
Tari yang diciptakan oleh seniman I Nyoman Kaler merupakan tarian penyambutan tamu, yang biasanya tamu istimewa. Tarian ini dipentaskan oleh penari-penari wanita secara berkelompok. Gerak tari ini yang melukiskan keramahan serta penghormatan. Ini dilukiskan pada saat bunga-bunga yang ditaburkan penari melambangkan ungkapan selamat datang kepada para tamu dengan gerakan yang penuh kehangatan, kegembiraan, dan penghormatan.

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

Tari sanghyang merupakan tarian sakral yang berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk mengusir wabah penyakit yang sedang melanda suatu desa atau daerah. dalam kesenian ini, pemainnya akan mengalami trance pada saat pementasan. Dalam keadaan seperti inilah mereka menari-nari,Dan kadang-kadang di atas bara api dan selanjutnya berkeliling desa untuk mengusir wabah penyakit. Biasanya pertunjukan ini dilakukan pada malam hari sampai tengah malam.

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

 . Baju Adat Bali  Payas Agung

Payas Agung adalah baju adat lengkap dan mewah yang biasanya digunakan oleh Pengantin Bali. Pakaian adat busana Bali memiliki arti keindahan bagi sang pemakainya. Saat melakukan pernikahan digunakan pakaian Payas Agung dengan warna yang cerah dan menawan yang mencirikan kebahagian, kegembiraan bagi kedua calon mempelai.
Payas gede/ agung : dipergunakan oleh manggala/ pangarep yang diupacarakan di dalam pelaksanaan upacara manusa yadnya yang dianggap utama, dan sebagai Yajamana pada upacara yang lain. 

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

. Baju Adat Bali Payas Jangkep


Baju adat Bali Payas Jangkep yaitu baju adat yang lengkap.baju bali pria ini terdiri atas Destar, Kuaca (baju kemeja, lengan pendek, lengan panjang, jas), Kampuh + umpal, Wastra + lembaran, Sabuk, Alas kaki, Keris
Sedangkan payas jangkep yang digunakan wanita antara lain : Gelung biasa / sanggul (rambut ditata sesuai perhiasannya, baju / kebaya, sesenteng, Wastra, Sabuk / stagen, alas kaki .
Busana jangkep/ lengkap : dipergunakan di dalam upacara yadnya dan di dalam hubungan hormat menghormati.

Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

                    . Baju Adat Bali Payas Madya

Baju Bali Pria Madya / sedang, baju bali pria ini biasanya terdiri dari Baju, Kampuh + umpal, Kain panjang, Sabuk, Alas dan bisa juga terdiri atas Destar, Selempot, Kain panjang, Sabuk, Alas kaki

untuk wanita, komposisi payas madya antara lain : 1. Baju / kebaya 2. Kain / wastra 3. Sesenteng 4. Sabuk / stagen 5. Alas kaki.
Busana madya/ sedang dan busana alit/ sederhana: dipergunakan untuk/ di dalam suasana kesopanan dan kerja.
Rumah adat bali , 10 tarian Bali dan 4 Pakaian Adat balli .

4. Baju Adat Bali Payas Alit

Baju Bali Pria Alit biasaya baju bali pria ini terdiri atas Baju, Selempot, Wastra, Sabuk, Alas kaki
Sedangkan payas alit yang digunakan oleh wanita biasanya terdiri dari : Baju (tidak harus kebaya), Kain, Sesenteng, Sabuk / stagen, dan alas kaki
Bagi wanita kalau tidak memakai baju, harus memakai sesenteng.
Catatan : tidak di wajibkan bagi anak yang masih di bawah umur UNTUK BAJU ADAT INI .
                                                                                                                         Arum suci blogg

Ditulis Oleh : beted si boy // July 24, 2017
Kategori:

0 komentar: