Thursday, July 27, 2017

10 Negara-bendera di Eropa Timur dan ibu kotanya beserta penjelasannya

10 bendera Negara-Negara di Eropa Timur dan ibu kotanya  beserta penjelasannya

1. Bulgaria ibu kotanya Minsk.
Bendera Belarus ini dipakai oleh pemerintahan sejak tanggal 7 Juni 1995. Desainnya menggantikan bendera lama yang digunakan oleh Republik Rakyat Belarusia sejak tahun 1918, sebelum Belarusia menjadi bagian dari Republik Soviet
Negara Belarus terletak di pedalaman Benua Eropa dengan wilayah rawa yang banyak. Di negara ini juga banyak terdapat danau maupun sungai yang letaknya menyebar di seluruh wilayah. Rawa Belarus yang paling besar bernama rawa Polesia. Bukan hanya terbesar di Belarus, tetapi juga termasuk salah satu rawa terbesar di Benua Eropa

Alexander Lukashenko diangkat sebagai presiden Belarusia sejak pemilihannya pada tahun 1994. Jadi, dia adalah presiden pertrama dan satu-satunya presiden Belarusia sampai sekarang.

2. Bulgaria ibu kotanya  Sofia.
 Bendera Bulgaria ini dipakai oleh pemerintahan sejak berakhirnya perang Rusia-Turki (1877–1878) dan Bulgaria memperoleh kemerdekaannya. Desainnya merupakan triwarna horisontal putih, hijau, merah.
Seiring dengan kemunduran Kekaisaran Bulgaria Kedua Pada tahun-tahun (1185–1396/1422), wilayah Bulgaria menjadi di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah selama lima abad. Perang Rusia-Turki pada 1877–1878 mengarah pada pembangunan "negara Bulgaria ketiga" sebagai monarki konstitusional pada 1878, yang memperoleh kedaulatan penuh pada 1908. Pada 1945, setelah Perang Dunia II, negara ini menjadi negara komunis dan merupakan bagian dari Blok Timur sampai terjadinya perubahan-perubahan politik di Eropa Timur pada tahun 1989/1990, ketika Partai Komunis Bulgaria mengizinkan pemilihan umum multipartai dan Bulgaria menjalani masa peralihan ke arah demokrasi dan kapitalisme pasar bebas dengan hasil campuran.
 pada 13 Oktober 1991 diselenggarakan dalam pemilu pertama Bulgaria. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.


3. Hongaria ibu kotanya Budapest.
Setelah masa pendudukan bangsa Celtic, Roman, Hun, Slavia, Gepid, dan Avar, kerajaan Hongaria terbentuk pada akhir abad ke-9 oleh pangeran agung Hongaria bernama Arpad. Cucunya, Santo Stephen I naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1000 M, mengubahnya menjadi kerajaan Kristen. Kerajaan Hongaria bertahan hingga 946 tahun dan pada beberapa waktu menjadi pusat kebudayaan dunia Barat. Setelah Perang Mohacs dan pendudukan oleh Kekhalifahan Ottoman (1541-1699), Hongaria menjadi bagian dari Kekaisaran Habsburg, yang kemudian membentuk bagian dari Kekaisaran Austro-Hongaria.

Pada 23 Oktober 1989, Hongaria kembali menjadi republik parlementer yang demokratis, dan kini termasuk dalam negara-negara berkembang. Hongaris juga terkenal sebagai tempat kunjungan wisata yang populer dengan menarik 10,2 juta pengunjung dalam satu tahun (2011). Negara ini menjadi tumah bagi gua air panas terbesar dan danau air panas terbesar kedua di dunia (Danau Héviz), danau terbesar di Eropa Tengah (Danau Balaton), dan padang rumput alami terbesar di Eropa (Hortobagy). Pada Maret 1919 komunis mengambil alih kekuasaan, dan pada bulan April, Béla Kun memproklamasikan Republik Soviet Hongaria.
l campuran.

 pada 13 Oktober 1991 diselenggarakan dalam pemilu pertama Bulgaria. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

                                                 
4. Moldova ibu kotanya Chisinau.
Pada tahun 1359, Kepangeranan Moldavia berdiri. Kepangeranan ini menjadi tributary Kesultanan Utsmaniyah dengan hak otonomi internal tahun 1538. Melalui Traktat Bukares 1812, Utsmaniyah menyerahkan wilayah timur Moldavia (dikenal sebagai Bessarabia) kepada Kesultanan Utsmaniyah. Bagian barat Moldavia (yang bukan wilayah Moldova modern) tetap menjadi kepangeranan otonom, dan pada tahun 1859 bersama dengan Wallachia membentuk Kerajaan Rumania.

Setelah Revolusi Rusia 1917, Republik Demokratik Moldavia diproklamirkan. Selanjutnya, republik ini bersatu dengan Rumania Raya tahun 1918. Pada 28 Juni 1940, semasa Perang Dunia II, Rumania mendapat ultimatum dari Uni Soviet. Rumania terpaksa menyerahkan Bessarabia dan Bukovina Utara kepada Soviet untuk menghindari perang. wilayah tersebut kemudian dibagi antara Republik Sosialis Soviet Ukraina dan Republik Sosialis Soviet Moldova. Pada tahun 1991, Uni Soviet runtuh, dan Moldova menyatakan kemerdekaannya pada 27 Agustus 1991.
spacerun:yes'> pada 13 Oktober 1991 diselenggarakan dalam pemilu pertama Bulgaria. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

5. Polandia ibu kotanya Warsawa.
Lambang  Polandia berwujud elang putih dalam sebuah perisai berlatar warna merah. Elang ini bermahkota dan memiliki cakar serta paruh berwarna emas. Di Polandia, lambang negara biasanya disebut Elang Putih (Orzeł Biały), dan ditulis menggunakan huruf besar. Elang putih awalnya berada di koin-koin uang yang dicetak pada masa pemerintahan Raja Boleslaus, dan awalnya lambang dinasti Piast.
Sang Elang Putih menurut cerita asalnya ketika sang pendiri Negara Polandia, Lech melihat sebuah sarang elang putih. 

Ketika ia melihat burung ini ada sinar matahari di sayapnya sehingga seolah-olah pucuknya ada emasnya sementara bagian lain berwarna putih. diterapkan pada tahun 1927 dengan amendemen undang-undang dasar Polandia. Pada tahun 1945, rezim komunis yang baru menghilangkan mahkota dari kepala elang dan mengganti kembang-kembangan (mungkin tak sengaja) yang mirip bintang di pucuk sayap dengan bintang benaran. Mahkota ini dianggap simbol kerajaan. Ketika rezim komunis lengser pada tahun 1990, versi lambang yang mutakhir dipakai. Lambang versi ini mirip dengan versi tahun 1927, hanya tampak lebih modern
garia. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

6. Republik Ceko ibi kotanya  praha
adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Slowakia di sebelah tenggara dan dengan Austria di sebelah selatan.Praha.
Bendera Ceko (bahasa Ceko: státní vlajka České republiky) sama dengan yang dipakai oleh pemerintahan Cekoslowakia. pecahnya Cekoslowakia, Republik Ceko mempertahankan bendera ini sementara Republik Slowakia mengadopsi benderanya sendiri. Bendera pertama Cekoslovakia didasarkan atas bendera Bohemia, dan putih lebih merah.

 Ini adalah hampir identik dengan bendera Polandia (hanya proporsi berbeda), sehingga segitiga biru ditambahkan pada sisi kerekan pada tahun 1920. Bendera tersebut dilarang oleh Nazi pada tahun 1939, sehingga diubah menjadi triwarna horizontal putih, merah, dan biru. Bendera pun dikembalikan ke desain sebelumnya pada tahun 1945.
lang dan mengganti kembang-kembangan (mungkin tak sengaja) yang mirip bintang di pucuk sayap dengan bintang benaran. Mahkota ini dianggap simbol kerajaan. Ketika rezim komunis lengser pada tahun 1990, versi lambang yang mutakhir dipakai. Lambang versi ini mirip dengan versi tahun 1927, hanya tampak lebih modern

garia. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

7. Rumania ibu kotanya  Bukarest.
Bendera Rumania merupakan bendera triwarna biru-kuning-merah. dan rumania adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara Semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam.

bangsa Dacia, Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Bulgaria, Kerajaan Hongaria, dan Kesultanan Utsmaniyah pernah menguasai wilayah ini. Rumania terbentuk pada tahun 1859 dari penyatuan wilayah Moldavia dan Wallachia, memperoleh pengakuan internasional pada tahun 1878. Pada tahun 1918, Transilvania, Bukovina dan Bessarabia menyatakan bergabung dengan Rumania.Rumania menjadi anggota Pakta Warsawa. Dengan runtuhnya Tirai Besi pada tahun 1989, Rumania memulai reformasi politik dan ekonomi. Dalam menghadapi masalah ekonomi pasca-revolusi, negara ini menerapkan pajak rendah pada tahun 2005 dan bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Januari 2007.
gser pada tahun 1990, versi lambang yang mutakhir dipakai. Lambang versi ini mirip dengan versi tahun 1927, hanya tampak lebih modern

garia. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

8. Rusia ibu kotanya Moskow.
Setelah Revolusi 1917, kedua jenis bendera dari era kekaisaran dilarang digunakan. Mereka diganti dengan bendera merah dengan simbol palu, arit, dan bintang. Bendera itu pun langsung menjadi simbol kekuatan Soviet. Bendera putih, biru, dan merah digunakan hanya oleh emigran yang menentang para komunis  akhir 1980-an dan awal 1990-an, bendera triwarna ini menjad simbol protes demokratis terhadap pemerintah Soviet, Sejak sistem pemerintahan Rusia yang baru dimulai tahun 1991, warna putih, biru, dan merah menjadi bendera nasional Rusia.
Uni Soviet sudah bubar lebih dari 20 tahun yang lalu, namun masih banyak orang yang menganggap simbol palu arit, yang resmi menjadi simbol di bendera Soviet pada 6 Juli 1923 silam, sebagai simbol Rusia. Padahal Rusia sudah memiliki lambang bendera yang sama sekali berbeda, yakni garuda berkepala dua.

gser pada tahun 1990, versi lambang yang mutakhir dipakai. Lambang versi ini mirip dengan versi tahun 1927, hanya tampak lebih modern

garia. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

9. Slovakia ibu kotanya Bratislava.
Bendera Slowakia dengan desain yang saat ini diadopsi oleh konstitusi Slowakia, yang mulai berlaku pada tanggal 3 September 1992. Bendera tersebut, yang mempunyai kesamaan dengan negara-negara Slavia lainnya, menggunakan warna putih, biru, dan merah.
Bendera Slowakia dengan bentuk yang sekarang (tetapi dengan lambang lain atau tanpa lambang) tahun revolusioner 1848. 

digunakan secara semi-resmi di Cekoslowakia sebelum Perang Dunia II, oleh Republik Slovakia selama Perang Dunia II, dan akhirnya diadopsi (tanpa lambang) pada 1 Maret 1990 sebagai bendera Republik Slowakia dalam Cekoslovakia. Lambang ditambahkan pada 3 September 1992 dan diikuti dengan undang-undang khusus yang menjelaskan rincian bendera pada bulan Februari 1993.
lu, namun masih banyak orang yang menganggap simbol palu arit, yang resmi menjadi simbol di bendera Soviet pada 6 Juli 1923 silam, sebagai simbol Rusia. Padahal Rusia sudah memiliki lambang bendera yang sama sekali berbeda, yakni garuda berkepala dua.


gser pada tahun 1990, versi lambang yang mutakhir dipakai. Lambang versi ini mirip dengan versi tahun 1927, hanya tampak lebih modern

garia. Pada tahun 2004. Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO, dan 1 Januari 2007. menjadi anggota Uni Eropa.

Bendera Ukraina adalah bendera resmi Ukrania. Bendera ini resmi dipakai sejak terpecah-belahnya Uni Soviet pada 1989. Bendera biru-kuning ini hampir sama dengan Bendera Kosovo, negara baru sebelah Serbia.

Permukiman Neanderthal di Ukraina tampak di dalam situs-situs arkeologi Molodova (43.000-45.000 SM) yang memuat hunian yang terbuat dari tulang mammoth.Wilayah ini juga diduga sebagai lokasi bagi manusia untuk menjinakkan dan merawat kuda.
Pendudukan manusia modern di Ukraina  dimulai pada tahun 32.000 SM, . Pada tahun 4.500 SM, Peradaban Kukuteni dan Tripilia yang bercorak neolitikum bertumbuh kembang di dalam wilayah yang luas yang mencakupi Ukraina modern . Pada Zaman Besi, daratan ini dihuni oleh bangsa Kimmeri, Skithia, dan Sarmatia.Antara tahun 700 SM dan 200 SM wilayah ini menjadi bagian dari Kerajaan Skithia.
                                                                                                                    Arum suci blogg



Ditulis Oleh : beted si boy // July 27, 2017
Kategori:

0 komentar: