Sunday, December 3, 2017

10 NAMA ,IBU KOTA , BENDERA NEGARA DI BAGIAN EROPA UTARA , ( KETERANGAN )

­­ Nama – nama negara di bagian Eropa utara

Eropa Utara adalah negara dengan letak geografis yang berada di sisi paling utara benua eropa. Eropa Utara dikenal dengan juga Negara Skandinavia.Merupakan sebutan yang mengelompokkan negara Nordik dan Benua eropa terbagi menjadi empat bagian. Luas benuanya sekitar 10 juta kilometer persegi dan banyak negara modern yang ada di eropa bagian utara.
Negara Eropa Utara termasuk negara yang makmur karena memiliki SDA yang melimpah dan pengelolaan negara yang efisien. Pada abad ke-14 Denmark, Norwegia, dan Swedia membentuk suatu persekutuan yang di namakan Kalmar Union. Sebagai catatan, Finlandia masih tergabung dalam Swedia. Sementara Islandia, Greenland, Kepulauan Faroe tergabung dalam Norwegia.

Nama – nama negar di bagian Eropa utara

Negara bagian
Eropa utara

Ibu kotanya

Denmark

Kopenhagen.

Swedia

Stockholm.

Lithuania

Vilnius.

Norwegia

Oslo.

Estonia

Tallin.
                                       
Finlandia

Helsinki

Inggris

London.

Islandia

Reykjavik.

Irlandia                                                                                 

Dublin.

Latvia

Riga.
                        
     NUANSA BLOGG

   NUANSA BLOGG


Motif bendera ini telah digunakan sebagai bendera negara Denmark semenjak masa pemerintahan Raja Valdemar III. Tepatnya pada abad ke-13 atau sekitar 15 Juni 1219. Berdasarkan cerita yang berkembang, pasukan Denmark yang terlibat peperangan, merupakan pasukan yang menganut agaman kristen.
Mereka bertempur melawan pasukan pagan di Estonia, tepatnya pada tahun 1219.Bendera Dannebrog merupakan bendera tertua dan merupakan lambang negara Denmark. Bendera dari Denmark ini menginspirasi Scandinavia lainnya untuk menggunakan bendera.


Bendera Estonia diadopsi tanggal 21 November 1918. Bendera ini merupakan bendera triwarna horisontal: biru" hitam" dan putih.
Berdasarkan teori, nama modern Estonia berasal dari Aesti yang dijelaskan oleh sejarawan Romawi Kuno, Tacitus di dalam karyanya Germania (kira-kira 98 M).
Di pihak lain, kisah kuno saga dari Skandinavia merujuk sebuah daratan yang disebut Eistland, yang serumpun dengan istilah Denmark, Jerman, Belanda, Swedia, dan Norwegia yakni Estland untuk negara ini. Nama Latin dan versi kuno lainnya adalah Estia dan Hestia.
ia lainnya untuk menggunakan bendera.



Bendera Finlandia diadopsi pada tahun 1918(Siniristilippu - Bendera Salib Biru) . Motif Bendera ini  palang biru dengan latar belakang putih. Warna biru melambangkan langit dan warna putih melambangkan salju.



Northern Ireland, nama  resmi negara yang pernah dipimpin oleh Margareth Thatcher itu. Sehubungan dengan United Kingdom ,England (Inggris), Scotland (Skotlandia), Wales (Wales) dan Northern Ireland (Irlandian Utara), bendera negara tersebut juga ternyata kombinasi dari bendera Skotlandia, Inggris dan Irlandia Utara.
Pada tahun 1606, Raja James I of England, VI of Scotland, menciptakan bendera tanda unifikasi ini, designnya hampir menyerupai bendera Inggris masa kini. Tahun 1707, parlemen Inggris dan skotlandia menyetujui peleburan dua negara menjadi Great Britain, negara baru dengan Ratu Anne sebagai pemimpinnya. Britania Raya menggunakan bendera kerajaan Britania Raya yang umumnya dikenal sebagai Union Flag atau Union Jack.Bendera ini pernah digunakan pada suatu ketika oleh negara-negara yang berada di dalam Kekaisaran Britania.

Bentuk Union Jack ini telah ada setelah peristiwa UU Persatuan 1800 yang menyatukan kerajaan Persatuan Irlandia bersama Britania Utara pada 1801. Desain terkini Union Flag berasal dari persatuan Irlandia dan Britania Raya pada 1801.

Republik Irlandia adalah sebuah negara yang mencakup lima perenam Pulau Irlandia yang terletak di bagian barat laut Eropa.Wilayah Pulau Irlandia yang tidak termasuk republik ini dimiliki oleh Irlandia Utara, bagian dari Britania Raya. Di sebelah timur berbatasan dengan Laut Irlandia, sebelah utara Irlandia Utara, sebelah barat dan selatan Samudra Atlantik.

d: white;mso-background-themecolor:background1'>Pada tahun 1606, Raja James I of England, VI of Scotland, menciptakan bendera tanda unifikasi ini, designnya hampir menyerupai bendera Inggris masa kini. Tahun 1707, parlemen Inggris dan skotlandia menyetujui peleburan dua negara menjadi Great Britain, negara baru dengan Ratu Anne sebagai pemimpinnya. Britania Raya menggunakan bendera kerajaan Britania Raya yang umumnya dikenal sebagai Union Flag atau Union Jack.Bendera ini pernah digunakan pada suatu ketika oleh negara-negara yang berada di dalam Kekaisaran Britania.


Bentuk Union Jack ini telah ada setelah peristiwa UU Persatuan 1800 yang menyatukan kerajaan Persatuan Irlandia bersama Britania Utara pada 1801. Desain terkini Union Flag berasal dari persatuan Irlandia dan Britania Raya pada 1801.

Islandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik,terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnyaBendera Islandia diadopsi pada tahun 1944.Bendera Islandia menampilkan salib Nordik pada benderanya. Salib Nordik pada bendera Islandia berwarna merah dengan tepian putih.
o   Warna biru bendera Islandia melambangkan lautan Atlantik yang mengelilingi Islandia.
    Warna merah pada salib nordik melambangkan lava gunung berapi yang memang banyak terdapat di Islandia.

o   Warna putih disekeliling warna merah melambangkan puncak gunung berapi yang diselimuti salju. BENTUK salib nordik melambangkan Kristen sebagai agama mayoritas di negeri  Islandia.


Pengabdisian ulang Bendera Latvia  tanggal 27 Februari 1990. Bendera yang sama yang pernah digunakan dari tahun 1918 hingga 1940. Bendera ini memiliki warna latar merah dengan garis horisonal putih di tengah-tengahnya.
Republik Latvia adalah sebuah negara di wilayah Baltik di Eropa Utara, satu dari tiga negara Baltik.  Hal ini berbatasan dengan Estonia di utara, Lithuania ke selatan, Rusia di timur, dan Belarus di sebelah tenggara, serta berbagi perbatasan maritim dengan Swedia di barat.


Bendera Norwegia menggunakan desain salib Nordik yang berwarna latar merah dengan salib bewarna biru yang dibatasi oleh warna putih. Bendera ini diinspirasikan dari bendera Denmark . style='mso-spacerun:yes'>  Hal ini berbatasan dengan Estonia di utara, Lithuania ke selatan, Rusia di timur, dan Belarus di sebelah tenggara, serta berbagi perbatasan maritim dengan Swedia di barat.



Bendera Swedia merupakan bendera salib Nordik berlatar biru dengan salib kuning.  Diambil dari lambang Swedia dan desainnya encontek bendera Denmark.  22 Juni 1906 Bendera ini resmi dipakai Bendera Swedia.



Bendera Lituania diadopsi ulang sebagai pengganti bendera RSS Lituania pada 20 Maret 1989,modifikasi pada tahun 2004 mengubah rasio bendera dari 1:2 menjadi 3:5. Bendera yang dulu pernah digunakan pada tahun 1918-1940,Lituania  sebelum menjadi bagian dari Uni Soviet pada tahun 1940. Bendera ini memliki desain triwarna horisontal kuning, hijau, merah.
                                                                     Arum suci blogg

Ditulis Oleh : beted si boy // December 03, 2017
Kategori:

0 komentar: