Tuesday, December 5, 2017

WISATA MAJAPAHIT YANG BERADA DI Pasuruan , Jawa Timur , Indonesia


WISATA Candi di Pasuruan , Jawa Timur ,  Indonesia 

1. Candi Gunung Gangsir - Beji - Pasuruan
Candi Gunung Gangsir ini bertepat di Dusun Keboncandi , Desa Gununggangsir, kec .Beji , Pasuruan ,Jawa Timur ,Indonesia :




konon Candi Gunung Gangsir ini dibangun pada Era pemerintahan Raja Airlangga, sekitar abat ke-11 M. Dan diperkirakan berasal dari masa yang lebih awal sebelum masa pemerintahan Singasari, Candi Gunung Gangsir yang pembangunannya  menggunakan bahan batu bata, bukan batu andesit.


Al kisah Candi Gunung Gangsir dibangun sebagai penghormatan kepada Nyi Sri Gati, yang dijuluki Mbok Randa Derma (janda murah hati), atas jasanya dalam membangun masyarakat pertanian di daerah itu yang sebelumnya mayoritas masyarakat kala itu masih belum mengenal bercocok tanam dan kehidupan sehari-harinya masih berburu .

2. Candi Jawi - Prigen - Pasuruan
 Tepatnya di Desa Candi Wates, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia


Candi Jawi (nama asli: Jajawa) Di bangun abad ke-13 Yang merupakan peninggalan Sejarah Hindu-Buddha Pada zaman Kepemimpinan Kerajaan Singhasari yang terletak di kaki Gunung Welirang.


Dalam Negarakertagama pupuh 56 disebutkan bahwa Candi Jawi didirikan atas perintah raja terakhir Kerajaan Singasari, Kertanegara, untuk tempat beribadah bagi umat beragama Syiwa-Buddha.
Namun Candi Jawi sebenarnya merupakan tempat penyimpanan abu dari raja terakhir Singhasari, Kertanegara. Sebagian dari abu tersebut juga disimpan pada Candi Singhasari. Kedua candi ini ada hubungannya dengan Candi Jago yang merupakan tempat peribadatan Raja Kertanegara


3.Candi Belahan (Candi Sumber Tetek) - Pasuruan
Candi Belahan yang Terletak  Dusun Belahan, Desa Wonosonyo, Kecamatan Gempol, Surabaya , Jawa timur , Indonesia




Dari keterangan yang dilaporkan oleh peneliti bernama F. Stutterheim dari Belanda, Candi ini diduga dibangun pada abad ke-11.


 Candi Sumber Tetek ini praduga  merupakan suatu pertirtaan "tempat mandi" yang dibangun untuk kedua permaisuri Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan, karena pada saat penemuan candi ini di temukannya pula sebuah patung / arca Wisnu menunggang garuda sbelum patung itu di simpan di musium trowulan,mojokerto.
Arum suci blogg

Ditulis Oleh : beted si boy // December 05, 2017
Kategori:

0 komentar: