Thursday, December 7, 2017

HARI IBU DAN SEJARANYA

HARI IBU DAN SEJARANYA

Hari Ibu adalah hari libur yang menghormati keibuan yang teramati dalam berbagai bentuk di seluruh dunia.Hari Ibu diciptakan oleh Anna Jarvis pada tahun 1908 Menjadi liburan resmi A.S. pada tahun 1914. Jarvis kemudian akan mengecam komersialisasi liburan . 

Sementara tanggal dan perayaan bervariasi, Hari Ibu paling sering jatuh pada hari Minggu kedua di bulan Mei dan secara tradisional melibatkan penyajian ibu dengan bunga, kartu dan hadiah lainnya.

SEJARAH ADANYA PERINGATAN HARI IBU
Perayaan hari ibu dapat ditelusuri kembali ke orang-orang Yunani dan Romawi kuno, yang mengadakan festival untuk menghormati dewi ibu Rhea dan Cybele,  Hari Ibu adalah festival Kristen awal yang dikenal dengan "Mothering Sunday."

Setelah menjadi tradisi besar di Inggris dan sebagian Eropa, perayaan ini jatuh pada hari Minggu keempat di masa Prapaskah dan pada awalnya dilihat sebagai saat ketika umat beriman akan kembali ke "gereja induk mereka" - gereja utama di sekitar rumah mereka -untuk layanan khusus.

Seiring waktu, tradisi Hari Ibu di Hari Raya beralih ke hari libur yang lebih sekuler, dan anak-anak akan menyajikan ibu mereka dengan bunga dan tanda penghargaan lainnya. Kebiasaan ini akhirnya memudar dalam popularitas sebelum bergabung dengan American Mother's Day di tahun 1930an dan 1940an.

JST MENCAPAI JARVIS DAN JULIA WARD HOWE
Asal-usul Hari Ibu yang dirayakan di Amerika Serikat berasal dari abad ke-19. Pada tahun-tahun sebelum Perang Saudara, Ann Reeves Jarvis dari West Virginia membantu memulai "Klub Kerja Hari Ibu" untuk mengajar wanita setempat bagaimana merawat anak mereka dengan benar.

Klub-klub ini kemudian menjadi kekuatan pemersatu di wilayah negara yang masih terbagi dalam Perang Saudara. Pada tahun 1868 Jarvis menyelenggarakan "Hari Persahabatan Ibu", di mana para ibu berkumpul dengan mantan tentara Union dan Konfederasi untuk mempromosikan rekonsiliasi.

Pelopor lain untuk Hari Ibu datang dari abolisionis dan suffragette Julia Ward Howe. Pada tahun 1870 Howe menulis "Proklamasi Hari Ibu," seruan untuk bertindak yang meminta para ibu untuk bersatu dalam mempromosikan perdamaian dunia. Pada tahun 1873 Howe berkampanye untuk "Hari Perdamaian Ibu" untuk dirayakan setiap tanggal 2 Juni.

Perintis awal Hari Ibu lainnya termasuk Juliet Calhoun Blakely, seorang aktivis temperamen yang mengilhami Hari Ibu setempat di Albion, Michigan, pada tahun 1870-an. Duo Mary Towles Sasseen dan Frank Hering, sementara itu, keduanya bekerja untuk mengatur Hari Ibu di akhir abad 19 dan awal abad ke-20. Beberapa bahkan memanggil Hering "bapak Hari Ibu."

KEBERHASILAN ANNA JARVIS
Hari libur resmi muncul di tahun 1900-an sebagai hasil usaha Anna Jarvis, putri Ann Reeves Jarvis. Setelah kematian ibunya pada 1905, Anna Jarvis menyusun Hari Ibu sebagai cara untuk menghormati pengorbanan yang dibuat ibu untuk anak-anak mereka. Setelah memperoleh dukungan finansial dari pemilik toko serba ada Philadelphia bernama John Wanamaker, pada bulan Mei 1908 dia menyelenggarakan perayaan Hari Ibu resmi pertama di sebuah gereja Methodis di Grafton, West Virginia.

Pada tahun 1912, banyak negara bagian, kota dan gereja telah mengadopsi Hari Ibu sebagai hari libur tahunan, dan Jarvis telah mendirikan Mother's Day International Association untuk membantu mempromosikan perjuangannya. Dengan usah yang tidak sia - sia terbayar pada tahun 1914 ketika Presiden Woodrow Wilson menandatangani sebuah peraturan yang secara resmi menetapkan hari Minggu kedua di bulan Mei sebagai Hari Ibu.

JARVIS MENYATAKAN HARI IBU KOMERSIAL
Anna Jarvis awalnya menganggap Hari Ibu sebagai hari perayaan pribadi antara ibu dan keluarga.Tapi begitu Hari Ibu menjadi hari libur nasional, Toko bunga serta perusahaan kartu dan pedagang lainnya memanfaatkan popularit Hari Ibu.

Jarvis awalnya bekerja dengan industri flora untuk membantu mengangkat profil Mother's Day, pada 1920 Jarvis mencela transformasi dengan bagaimana liburan itu telah dikomersilkan tersebut dan mendesak orang -orang untuk berhenti membeli bunga di Hari Ibu, kartu dan permen. Pada saat kematiannya pada tahun 1948, Jarvis telah kehilangan liburan sama sekali.

HARI IBU DI SELURUH DUNIA
Sementara versi Hari Ibu dirayakan di seluruh dunia, tradisi hari tanggal dan bulan bervariasi tergantung pada negara. alternatif lain pada Hari Ibu dapat ditemukan di Etiopia, di mana keluarga mengumpulkan setiap musim gugur untuk menyanyikan lagu dan makan pesta besar sebagai bagian dari Antrosht, sebuah perayaan multi hari yang menghormati keibuan.

Di Amerika Serikat, Hari Ibu terus dirayakan dengan menghadirkan ibu dan wanita lain dengan hadiah dan bunga, dan ini telah menjadi salah satu liburan terbesar.  Pada tahun 1968 Coretta Scott King, istri Martin Luther King Jr., menggunakan Hari Ibu untuk menjadi tuan rumah sebuah demonstrasi untuk mendukung wanita dan anak-anak yang kurang mampu. Pada tahun 1970.
                                                                                        Arum suci blog

Ditulis Oleh : beted si boy // December 07, 2017
Kategori:

0 komentar: