Tuesday, December 5, 2017

WISATA CANDI PENINGGALAN MAJAPAHIT DI SIOARJO


Wisata Candi di Sidoarjo - Jawa Timur - Indonesia 
1
.    1Candi Dermo
Candi Dermo terletak di Dusun Santren, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.


Candi Dermo merupakan sebuah situs dari masa klasik Hindu Budha. Candi dermo semenjak di temukannya sudah pernah di lakukan pembugaran yaitu pada tahun 1905 – 1914. Di ceritakan dari penduduk setempat Candi ini merupakan kunci pintu untuk masuk jkawasan MAJAPAHIT kala itu.

Walau kenyataan seperti itu candi ini masih di percaya oleh masyarakat BALI    dan pada hari – hari tertentu yang berhubungan dengan hari – hari besar hindu Masyarakat bali masih menganggap juga Bahwa CANDI DERMO ini pada era MAJAPHIT termasuk salah satu tempat bersembayangan serta tempat suci pada jaman itu. Maka dari itu masyarakat bali pada hari – hari besarnya masih berkunjung ke candi ini.

2. Candi Sumur - Sidoarjo


Terletak di Dusun Candi Pari Wetan, Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten
Sidoarjo, Jawa Timur.

3. Candi Pari - Porong - Sidoarjo
Terletak di Desa Candi Pari, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo,
 Prop. Jawa Timur, Indonesia



Candi Sumur Maupun Candi Pari ditemukan pada tahun 1906 oleh sarjana Belanda bernama NJ Kroom.
Pada atas Candi Pari terdapatkan pahatan dengan angka tahun 1293 Saka atau 1371 Masehi. Candi Pari maupun Candi Sumur menurut penelitian para Arkeolog.Beberapa Candi Yang termasuk peninggalan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk di tahun 1350-1389.

4. Candi Medalem - Sidoarjo
Candi Medalem terletak di Kec.Tulangan, Sidoarjo  , Surabaya Jawa Timur, Indonesia .


Penamaan candi medalem di ambilkan dari tepat atau asal candi itu di temukaN. Candi medalem di temukan pada tahun 1991 akhir atau 1992 .
Bukti dan fakta bahwa Candi medalem merupakan peninggalan dari kerajaan majapahit. terdapatnya batu - batu merah besar serta bangunan candinya menggunakan batu tanah liat seperti kebanyakan candi - candi peninggalan majapahit lainnya  yang merupakan ciri khas dari kerajaan majapahit. serta lokasi candi masih dalam area situs majapahit.

5. Candi Pamotan I & II - Porong - Sidoarjo 
 yang terletak di Desa Pamotan . Kec. Porong, Kab .Sidoarjo , Suraya , Jawa Timur , Indonesia.



Candi Pamotan diteliti pertama kali oleh GLA Brandes, salah seorang kewarganegaraan Belanda pada tahun 1903. Namun hingga 1921 candi ini tak pernah lagi terkunjungi para ahli purbakala. Baru tahun 1923 NJ Krom, ahli purbakala, menulis tentang candi ini.
Bentuk profil Candi Pamotan Menurut NJ Krom lazim digunakan pada candi-candi yang berada di Jawa Timur. Karena menurutnya Candi ini memiliki gaya periode Era Majapahit.
begitupun dengan yang di namakan Candi Pamotan II kerena lokasi ditemukannya tidak jauh dari lokasi Candi pamaton I sekitar 50 meter dari penemuan candi yang pertama, YANG berupa tumpukan batu bata mirip candi. pada waktu di temukannya Candi tersebut belum punya nama, pada akhirnya di namakan Candi Pamotan II.

6. Candi Tawang Alun


Candi Tawang Alun terletak di Jalan Candi Tawangalun , Dukuh Kampung Baru , Desa Buncitan, Kec. Sedati, Kab.Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur , Indonesia.
Walaupun bentuk candi ini sekilas dari jauh hanya seperti tumpukan serta tatanan batu bata, dengan demikian jika kita amatai dari dekat masih terlihat seperti pondasi bangunan candi atau  nampak adanya tatanan arsitektur candi atau bangunan religious pada masa lalu.

Candi Tawangalun ini dalam perkiraan serta penelitian didirikan pada tahun 1292, maka dari itu bisa merupakan  peninggalan Kerajaan Majapahit.


Arum suci blogg


Ditulis Oleh : beted si boy // December 05, 2017
Kategori:

0 komentar: