Monday, July 31, 2017

20 Bahasa kata sehari-hari di Surabaya, bahasa ngoko,

20 Bahasa kata sehari-hari di Surabaya, bahasa ngoko,

Siapaa yang gak tau kota Surabaya, yang di juluki dengan kota pahlawan, tapi tiap - tiap darah mepunyai cirri dank sudah ada apa lagi tentang bahasa sehari-hari, disini saya akan sedikit menggunakan bahasa sehari-hari bahasa indonesia bahasa ngoko ngoko, dan arti bahasa inggris Indonesia dan bahasa inggrisnya

   1. Aku = aku di kongkon ibu nang pasar
       kulo = kulo di kengken ibu sepuluh pasar
       Saya = saya di suruh ibu ke pasar
       Saya = saya berada di ibu pasar

   2. Awakmu = bangunlah kate nangndi
       Sampean = Sampean memiliki sepuluh pundi
        Kamu = Kamu mau ke mana
        Kamu = kemana kamu pergi

    3. Mangan = aku kate moleh mangan
        Dahar = kulo bade mantok dahar
        Makan = saya mau pulang makan
        Makan = Saya ingin pulang ke rumah untuk makan

    4. Ngombe = aku tolong jopokno ngombe
        Mimic = kolo tolong samoean pondotno meniru
        Saya minum
        Minum = Aku akan memberimu minum

    5. Kabeh = wes kok jopok kabeh ta duwi e
        Sedoyo = sampon sampean pondot sedoyo ta duwi te
          Semua = sudah kamu ambil semua apa duwitnya
          Semua = kamu telah mengambil semua uangnya

    6.  Arep = bangunlah arep jajan dotat ta
         Poron = sampean poron jajan donat iki ta
          Mau = ka, u mau kue donat apa tidak
          Mau = kamu mau kue donat apa tidak

    7. Tuku = aku kate tuku jerok nang pasar
        Tumbas = kulo pade tumbas jerok di pasar
        Beli = saya mau beli jerok di pasar
        Buy = Saya ingin membeli jeruk di pasaran

   8 . NJopok = aku akte njopok buku nang omahmu
        Pondot = kulo bade mondot buku sepuluh nggriyo sampean
        Ambil = saya mau ambil buku di rumah kamu
        Ambil = Saya ingin mengambil sebuah buku di rumah Anda

    9.  Ados = rudi koen wes ados ta dorong
         Siram = rudi sampean sampon siram nopo dereng
         Mandi = r udi kamu sudah mandi apabelom
         Mandi = r udi kamu punya mandi apabelom

    10. Nangndi = koen tak golei nangdi ae
          Tenpundi = sampean kulo padosi sepuluh pundi mawon
          Kemana = kamu aku cari kemana saja
          Dimana = kamu aku cari dimana saja

    11. Mari = pak lurah wes mari ta ole e rapat maeng
          Rampong = pak lurah smpon rampong ta rapate maeng
          Selesai = pak lurah tadi sudah selesai apa belom rapatnya
          Selesai = pak lurah sudah selesai apa belom meeting

     12. Moleh = bu dewi ewes moleh tekok pasarta
           Wangsol (mantok) = bu dewi sampon wangssol ta ole nang pasar
            Pulang = bu dewi sudah pulang dari pasar apa belom
            Pulang = Bu dewi sudah pulang dari pasar apa

     15. Sopo = sopo seng nggolei aku wengi jhon
           Sinten = sinten seng madosi kulo wenge jhon
           Siapa = Siapa yang mencari saya kemarin jhon
           Siapa = Siapa yang mencari saya kemarin jhon

     16. Nyelok = bangunlah lapo kok nyelok aku
           Timbali = bangunlah sayapi timbale pak lurah
           Panggil = nagapain kamu di panggil pak lurah kemaren
           Call = apa yang kamu panggil lurah kemarin

     17.  Apik = bangunlah apik ta ole e nggambar
            Sae = sampean sae ea gambarane
            Bagus = kamu bagus apa tidak sama dengan gambar
            Bagus = Anda baik apa yang tidak jika menggambar

     18. Jeneng = Jenenge sopo anak mu budi
           Nami = namine sinten yogo sampean pak budi
           Nama = nama siapa anak kamu pak budi
           Nama = nama siapa anak anda

     19. Gede = gede temen olehmu nggawe omah
           Ageng = ageng temen sampean lek nggawe graham
           Besar = Besarnya kamu bikin rumah
           Besar = sangat besar anda membuat rumah

      20. Turu. = Pak agos ole eturu wes suwe opo dorong
            Sare = pak guru sampon dangu nopo sare ne
            Tidur = pak guru sudah lama apa belom tidurnya tadi
            Tidur = Pak guru sudah lama tidur apa yang belum tidur tadi

                                                                                  Arum suci blog

Ditulis Oleh : Unknown // July 31, 2017
Kategori:

0 komentar: