Sunday, November 19, 2017

ke utamaan sholawat dan ke utamaan sholawat di antara manfaat - manfaatnya


Shalawat kepada Nabi merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung. Ketika kita sampaikan terima kasih kita atas Nabi dengan cara bershalawat kepadanya, maka jutaan malaikat juga ganti mendoakan kita. 

Kata sholawat merupakan bentuk jamak kata salla atau salat dengan arti doa, , kesejahteraan, keberkahan, kemuliaan serta ibadah. Apabila sholawat tersebut datang dari Allah, maka sholawat tersebut berarti bentuk pemberian rahmat dari Allah kepada makhluk-Nya. Apabila sholawat dari malaikat, berarti sholawat itu memberikan ampunan. Sholawat Nabi juga diartikan sebagai doa, baik doa untuk diri sendiri, untuk banyak orang maupun doa untuk kepentingan bersama.

firman Allah Swt :

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (at-Taubah : 103).

Menurut Istilah sebagai pujian kepada Nabi. Hal ini diterangkan dalam firman Allah berikut ini:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (Al-Ahzab : 56)

Ditulis Oleh : beted si boy // November 19, 2017
Kategori:

0 komentar: